1
1

Penderita HIV-AIDS di Kapuas Hulu Bertambah, David; Hindari Seks Bebas

KAPUAS HULU, pena.co.id – Jumlah terbaru penderita HIV-AIDS di Kapuas Kapuas Hulu Januari hingga Maret 2024 bertambah sebanyak 9 orang, yang tesebar di beberapa kecamatan yang ada di Kapuas Hulu, sedangkan pada Tahun 2023, tercatat sebanyak 32 orang telah terdiagnosa mengidap HIV-ADIS dan meninggal 4 orang.

“Pada tahun ini sampai bulan Maret, sudah kita temukan 9 orang penderita HIV-AIDS,” kata David Marwandi, Sub Koordinator Pelayanan Penyakit Menular Dan Tidak Menular, Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Kapuas Hulu, Minggu (28/4/2024).

Terkait hal tersebut, ujar David, Dinkes Kapuas Hulu melakukan berbagai upaya untuk mengatasi bahaya HIV-ADIS, baik itu deteksi dini, pendidikan dan kampanye, konseling dan tes, pengobatan antiretroviral (ARV) serta pemeriksaan viral load.

“Upaya-upaya tersebut bertujuan untuk mengurangi angka penyebaran HIV-ADIS dan meningkatkan kualitas hidup para ODHIV,” katanya.

David mengimbau, kepada masyarakat Kapuas Hulu untuk menghindari pergaulan bebas atau seks bebas, sebagai upaya untuk menghindari penularan HIV-AIDS.

“Mudah – mudahan tidak ada lagi yang tertular HIV-ADIS di Kapuas Hulu,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *