1
1

Wabup Kapuas Hulu Lepas Keberangkatan 137 Calon Jamaah Haji

Foto : Pelepasan Calon Jamaah Haji Kabupaten Kapuas Hulu Tahun 1445 H/2024 M

KAPUAS HULU, pena.co.id – Wakil Bupati Kapuas Hulu, Wahyudi Hidayat, Melepas Keberangkatan Calon Jamaah Haji Kabupaten Kapuas Hulu Tahun 1445 H / 2024 M, kegiatan tersebut dilaksanakan di Masjid Agung Darunnajah Putussibau, Kapuas Hulu, Minggu (26/5/2024). Tema “Haji Sehat, Nyaman dan Mabrur 2024”. Kegiatan ini turut dihadiri Sekda Kapuas Hulu, Mohd Zaini.

Wakil Bupati Kapuas Hulu, Wahyudi Hidayat, menyampaikan, ibadah haji merupakan rukun ke 5 dalam rukun islam, setiap muslim tentu mendambakan dapat menunaikan ibadah haji ke tanah suci mekkah, karena hal ini merupakan kewajiban sekaligus keistimewaan bagi umat islam.

“Untuk itu, saya atas nama pribadi dan pemerintah kabupaten kapuas hulu turut berbahagia serta mengucapkan selamat atas berangkatkannya calon jama’ah haji ke tanah suci,” ujarnya.

Wabup menuturkan, keberangkatan calon jamaah haji tahun ini merupakan hal yang patut kita syukuri, tahun ini pemerintah arab saudi telah mengumumkan terbukanya kuota bagi calon jama’ah haji indonesia, sebagaimana yang ditindaklanjuti dengan keputusan pemerintah republik indonesia melalui keputusan menteri agama republik indonesia.

“Kita bersyukur kabupaten kapuas hulu pada tahun 1445 hijriah atau 2024 masehi ini mendapat kuota sebanyak 137 orang,” ucapnya.

Wabup menghimbau, kepada seluruh calon jama’ah haji kabupaten kapuas hulu yang berangkat hari ini, untuk senantiasa menerapkan protokol kesehatan dan pola hidup sehat secara disiplin, disiplin, sehingga keseluruhan rangkaian ibadah haji dapat ditunaikan dengan baik.

“Meski dinilai saat ini telah kondusif, namun tetap waspada, karena kondisi iklim di arab berbeda dengan kita di indonesia pada umumnya,” ucapnya.

Wabup menuturkan, mengingat sebagian sebagian jamaah haji yang usianya ada yang sudah lanjut, maka akan sangat bijaksana untuk saling melindungi melalui penerapan protokol kesehatan yang ketat, meskipun bapak ibu telah mendapatkan vaksin dan dinyatakan sehat.

“Saya berharap kepada bapak ibu sekalian untuk mengkondisikan diri, meningkatkan kesabaran, dan memantapkan niat secara tulus guna mendapatkan ridho dari allah swt yang maha esa, serta berupaya menjaga kesehatan dengan mengatur makan, minum dan istirahat yang cukup, sehingga mampu melaksanakan seluruh rangkaian ibadah haji,” ucapnya.

Demikian pula, kata Wabup, dengan budaya tolong menolong dan saling menjaga di tanah suci, saya berharap kepada bapak-ibu dapat memperluas ukhuwah islamiyah dengan sesama jemaah, sebagai bentuk iman kepada allah swt yang hendaknya diwujudkan dengan santiasa menjalin tali persaudaraan, terutama dengan sesama jemaah dalam rombongan adalah keluarga senasib dan sepenanggungan.

“Sehingga hendaknya harus disadari untuk tidak memperioritaskan individualitas mengedepankan kepentingan bersama,” ujarnya.

Wabup mengingatkan, kepada bapak-ibu untuk senantiasa disiplin mengatur waktu dan mengikuti arahan pembimbing serta petugas haji yang ditunjuk, jadwal dan waktu telah ditentukan hendaknya diperhatikan dan diikuti dengan baik, sehingga bapak-ibu dapat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan mulai dari tanah air hingga tanah suci.

“Budayakan untuk selalu tepat waktu dimanapun berada, sehingga keseluruhan jama’ah juga dapat tepat waktu dan tidak tertinggal dalam mengikuti jadwal,” katanya.

Wabup berpesan, kepada petugas yang ikut serta ketanah suci mohon jaga dan bantu jamaah haji kita selama melaksanakan ibadah di tanah suci karena bapak sekalian merupakan perpanjangan tangan dari pemerintah daerah kabupaten kapuas hulu.

“Satu hal yang perlu saya titipkan kepada seluruh jemaah haji, yaitu mendoakan hal baik untuk kabupaten kapuas hulu, doakan agar kabupaten kapuas hulu kita tercinta ini, senantiasa mendapat perlindungan dari allah swt, terbebas dari bencana dan mampu menyelesaikan berbagai permasalahan yang tengah dihadapi, khususnya dalam mengentaskan kemiskinan, pemulihan ekonomi, termasuk dalam mengentaskan desa-desa dengan kemiskinan ekstrim dan dan menanggulangi stunting,” tuntas Wabup. (ROV)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *