1
1

BUMDes Bermasalah di Kapuas Hulu Akan Diaudit

KAPUAS HULU, pena.co.id – Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Kapuas Hulu, Rupinus, menyampaikan, sekarang pihaknya sedang berusaha menginventarisir terkait dengan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang ada di Kapuas Hulu.

“Baik BUMDes yang sedang berjalan, yang kondisinya sedang-sedang saja, maupun yang ada masalah,” ujar Rupinus, di Putussibau Utara, Kapuas Hulu, Selasa (7/5/2024).

Nanti kita coba mengambil langkah, kata Rupinus, terutama BUMDes yang pengurusnya sudah tidak jalan lagi, dan memang mareka masih punya aset, ini yang perlu di benahi.

“Sehingga nanti mareka bisa melaksanakan apakah peralihan ataupun bagaimana, nanti kita tangani,” ujarnya.

Kata Rupinus, yang jadi masalah memang BUMDes yang sudah tidak jelas lagi, ini nanti akan kami bicarakan, mungkin akan melibatkan OPD lain termasuk Inspektorat untuk menangani ini.

“Sehingga nanti kalau memang sudah jelas, mungkin nanti kita minta audit juga dari Inspektorat, terkait dengan BUMDes yang bermasalah,” katanya.

Rupinus berharap, BUMDes bisa berjalan dengan baik di Desa-desa yang sudah punya BUMDes, karena memang itu merupakan sumber pendapatan Desa.

“Mudah-mudahan BUMDes ini bisa berjalan dengan baik, yang sudah berjalan kita tingkatkan, kita benahi, sehinga BUMDes jadi penopang perekonomian masyarakat di Desa,” tuntas Rupinus. (OVI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *