1
1

Banjir Rendam Rumah dan Kendaraan di Badau Kapuas Hulu Perbatasan RI – Malaysia

KAPUAS HULU, pena.co.id – Banjir terjang wilayah perbatasan RI – Malaysia, ratusan rumah hingga kendaraan terendam di Desa Badau, Kecamatan Badau, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Kamis (25/4/2024).

Diketahui banjir terjadi sejak pukul 01:00 WIB (Jam Satu Malam), hingga pagi ini banjir juga masih terus naik dan merendam pemukiman warga di perbatasan RI – Malaysia.

“Banjir masih terus naik,” ujar Riski, Warga Badau Kapuas Hulu, perbatasan RI – Malaysia.

Riski menuturkan, hingga saat ini belum ada keluhan dari masyarakat terdampak banjir, saat ini warga juga sibuk mengemas barang – barang berharganya masing – masing, memindahkan kendaraan roda dua maupun roda empat, dan lain sebagainya.

“Sampai saat ini, belum ada warga yang mengunsi, mudah – mudahan banjir yang terjadi dapat segera surut,” pungkas Riski.

Sementara itu Kepala BPBD Kapuas Hulu, Gunawan, membenarkan telah terjadi banjir di wilayah perbatasan RI – Malaysia tepatnya di Kecamatan Badau.

“Hingga saat ini kami terus melakukan pendataan terhadap warga kami yang terdampak banjir tersebut,” ujarnya.

Gunawan menghimbau, kepada seluruh warga yang terdampak banjir di wilayah perbatasan, untuk tetap waspada terhadap bencana alam, terutama bagi orang tua yang mempunyai anak kecil agar selalu di jaga.

“Jangan sampai terkena gigitan serangga berbisa, ular dan lainnya, ini yang menjadi perhatian, termasuk listrik juga harus di perhatikan, selalu waspada serta jaga kesehatan,” katanya.

Kata Gunawan, BPBD Kapuas Hulu terus memonitor terkait banjir yang terjadi di berbagai wilayah Kapuas Hulu.

“Mudah – mudahan tidak terjadi hal – hal yang tidak kita inginkan,” tuntas Gunawan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *