1
1

Bea Cukai Nanga Badau Berhasil Ekspor Perdana Bungkil Sawit 126,5 Ton Ke Malaysia

Ekspor Perdana Bungkil Sawit Ke Malaysia

KAPUAS HULU, PENA.co.id – Bea Cukai Nanga Badau berhasil melaksanakan ekspor perdana Bungkil Sawit (Palm Kernel Expeller) sebanyak 126,5 Ton dari Badau ke Kuching, Sarawak, Malaysia. Senin (1/7/2024). Ekspor Perdana ini dilakukan oleh PT Buana Tunas Sejahtera melalui Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Badau.

Bungkil sawit (Palm Kernel Expeller) merupakan produk turunan kelapa sawit yang dapat dipergunakan untuk bahan baku atau konsentrat pakan ternak dan briket.

Ekspor perdana ini tidak lepas dari upaya yang dilakukan Bea Cukai Badau, seperti kunjungan langsung ke perkebunan dan pabrik kelapa sawit, sebelum ekspor pemberian asistensi dan edukasi peraturan terkini dan teknis rencana persiapan ekspor.

Ekspor perdana ini juga merupakan hasil dari sinergi dengan instansi-instansi terkait lainnya di perbatasan, sinergi ini dilakukan untuk menjamin kelancaran proses dan kepatuhan terhadap regulasi ekspor yang akan dilaksanakan.

Kepala Kantor Bea Cukai Nanga Badau, Henry Imanuel Sinuraya, menyampaikan bahwa ekspor perdana ini adalah suatu hal yang luar biasa dan merupakan “pembuka” untuk ekspor-ekspor selanjutnya.

“Diharapkan dengan berhasilnya ekspor perdana ini, dapat memacu dan memotivasi pelaku usaha lainnya di Badau untuk ekspor juga,” ujarnya.

Henry menuturkan, kegiatan ekspor ini tentunya suatu momen untuk menghasilkan devisa negara, juga menambah penerimaan negara dari Bea Keluar sebesar Rp9.671.000 dan Pungutan Dana Sawit sebesar Rp51.719.000,

“Ekspor perdana produk turunan kelapa sawit menunjukkan potensi perekonomian yang semakin meningkat di perbatasan, dan berharap kegiatan ekspor akan berkelanjutan dari segi jumlah dan kualitas produk,” ujarnya.

Keberhasilan ekspor perdana ini, kata Henry, adalah hasil dari kerjas keras dan kolaborasi dengan instansi terkait, yang terjalin melakui program Klinik Ekspor yang diselenggarakan Bea Cukai Nanga Badau, Bea Cukai akan selalu membimbing dan mendampingi agar pelaku usaha dapat berkembang dan menembus pasar internasional.

“Keberhasilan ekspor perdana PT Buana Tunas Sejahtera ini adalah satu hasilnya, dan kami menyampaikan bahwa pelayanan ekspor di Bea Cukai Badau adalah gratis/tidak dipungut biaya,” tuntasnya.

Penulis : Rovi Andila

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *