1
1

Truk Bermuatan Rotan Asal Indonesia Ditahan Tentara Malaysia

KAPUAS HULU, pena.co.id – Empat truk bermuatan rotan asal Indonesia, diamankan Tentara Diraja Malaysia (TDM) di Lubok Antu, Sri Aman, Sarawak, Malaysia, Sabtu (13/04/2024) lalu.

Diduga empat truk bermuatan rotan tersebut masuk ke Sarawak, Malaysia diselundupkan dari Indonesia melalui jalur tidak resmi di wilayah perbatasan RI-Malaysia Badau.

Diamankannya empat truk rotan yang diduga diselundupkan itu pun diperkuat dengan adanya pemberitaan di salah satu media lokal dari Negara Malaysia yakni Harian Borneo.

Pihak Bea Cukai Nanga Badau pun mengaku mengetahui bahwa telah diamankannya truk berisi rotan oleh TDM tersebut.

“Iya (mengetahui kejadian penangkapan rotan tersebut). Setahu saya 1 ditangkap Tentara Diraja Malaysia (TDM) dan 1 diamankan Pamtas, ” kata Kepala Seksi Penindakan dan Penyidikan Bea Cukai Nanga Badau, Rudi Hartono kepada wartawan, dihubungi via WhatsApp, Selasa (23/04/2024).

Terpisah, Dandim 1206/Putussibau, Letkol Inf Nasli, menyampaikan bahwa dirinya sendiri baru tahu informasi adanya penangkapan rotan di Malaysia tersebut.

“Saya malah baru tahu bahwa tanggal 13 April 2024 lalu ada truk rotan ditangkap di Malaysia. Coba ditanya langsung dengan Dansatgas atau Bea Cukai, karena mareka yang standby di sana,” ujar Dandim.

Ia pun memastikan bahwa tidak ada anggotanya yang terlibat dalam penyelundupan rotan ke Malaysia tersebut.

“Kalau anggota Kodim, saya berani pastikan tidak ada terlibat, karena dari Pasi Intel maupun unit intel tidak pernah melaporkan hal ini, namun jika pihak lain di perbatasan saya tidak tahu dan mungkin tidak semua kegiatan mereka dapat kita monitor,” tegasnya.

Sementara itu, Dansatgas Pamtas Yonarmed 10/Bradjamusti, Mayor Arm Ady Kurniawan saat dihubungi wartawan hingga berita ini diturunkan belum memberikan keterangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *