Blog

Setup WordPress di Azure Virtual Machine (Bagian 1)

Dalam posting ini saya mendokumentasikan aktivitas setup wordpress di azure virtual machine (vm) yang saya gunakan untuk hosting situs ini dan beberapa situs lain. Saya menggunakan vm dengan OS Ubuntu Server 16.04, baik untuk web server (Apache), dan database server yang menggunakan MySQL.

Aktivitas setup ini meliputi beberapa bagian dan akan ditulis dalam beberapa posting terpisah. Berikut ini bagian-bagiannya:

  • Setup virtual network
  • Setup koneksi VPN
  • Setup virtual machine
  • Setup WordPress
  • Setup secure connection
  • Setup pengiriman email
  • Setup CDN

Setup Virtual Network

Di Azure, kita bisa membuat virtual network. Tujuannya adalah seperti membuat network fisik dimana kita bisa membagi-bagi network kita dalam subnet-subnet, dan masing-masing subnet bisa kita terapkan firewall dan network routing berbeda sesuai dengan peruntukannya.

Virtual network yang akan saya buat berada dalam address space 192.168.0.0/16, dan memiliki 2 subnet yaitu FrontEnd dengan address range 192.168.0.0/24 dan BackEnd dengan address range 192.168.2.0/24. Subnet FrontEnd akan digunakan untuk menempatkan vm webserver, sedangkan subnet BackEnd akan digunakan untuk menempatkan vm database.

Step-by-step

  1. Login ke akun Microsoft Azure dengan URL https://portal.azure.com. Klik icon +, yaitu tombol Create a resource.
  2. Kemudian kita ketikkan ‘virtual network’ dalam textbox search. Lalu kita klik Virtual network dari search result yang ditampilkan. Setelah panel Virtual network ditampilkan, klik tombol Create.
  3. Data-data yang saya isikan untuk virtual network yang akan saya buat bisa dilihat dalam gambar berikut ini. Saya asumsikan Anda telah memahami konsep address space dalam notasi CIDR yang diperlukan dalam mengisi data address space dan address range. Klik tombol Create.

Setup Subnet BackEnd

Dalam step-by-step utama di atas kita sudah membuat virtual network dan 1 subnet yaitu FrontEnd. Di sini kita akan membuat subnet BackEnd.

  1. Cari ‘My-virtual-network’ dalam textbox search resources. Lalu klik My-virtual-network dalam daftar hasil pencarian.
  2. Klik menu item Settings » Subnets.
Read more...